8 Bandara yang Mempunyai Landasan Paling Berbahaya

8 Bandara yang Mempunyai Landasan Paling Berbahaya

Dalam keseharian yang serba cepat kini ini, bandara dapat sehingga tempat paling sibuk di dunia. Setiap menit pesawat lepas landas serta mendarat di bandara yang tak sama di seluruh dunia. Ada tak sedikit bandara di mana para pilot merasa nyama saat hingga di sana. Tetapi, tak semua bandara menjadi tujuan yang membahagiakan bagi pilot, berikut berbagai banda yang adalah mimpi kurang baik bagi mereka.

1. Bandara Internasional Kansai

Lokasi: Osaka, Jepang
Tahun berdiri: 1994

Bandara internasional Kansai dibuat di atas suatu  pulau buatan dengan panjang 2,5 mil serta lebar 1,6 mil. Daerah ini lumayan besar jadi bisa dilihat dari angkasa. Wisatawan dari bandara bisa berangkat ke kota mutlak dengan mobil, kereta alias feri dengan kecepatan tinggi.

Stewart Schreckengast yang merupakan seorang profesor teknologi penerbangan di Purdue University serta mantan konsultan penerbangan MITRE, berbicara bahwa bandara ini mungkin bakal berada di bawah air dalam 50 tahun alias lebih sebab perubahan iklim serta kenaikan permukaan air laut dampak pemanasan global.

2. Bandara Madeira

Lokasi: Santa Cruz, Portugal
Tahun berdiri: 1964

Madeira Airport merupakan suatu  bandara internasional. Bandara ini sempat populer dengan landasan pacu singkat yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi serta laut yang membikin pendaratan susah bahkan untuk pilot berpengalaman. Landasan yang orisinil hanya 1.400 meter, tetapi kemudian diperpanjang 400 meter.

Panjang landasan diperpanjang dua kali pada tahun 2003 sampai di atas lautan. Sebab dibuat memakai sampah, perpanjanganitu dibuat di atas 180 tiang yang tingginya kurang lebih 70m.

3. Bandara Juancho E. Yrausquin

Lokasi: Saba, Belanda
Tahun berdiri: 1963

Bandara Juancho E. Yrausquin merupakan satu-satunya bandara di pulau Karibia, Saba, di Antiles Belanda. Bandara ini mencangkup seluruh lokasi di pulau kecil ini. Terlepas dari kenyataan bahwa belum ada tragedi besar yang sempat terjadi di sini. Berbagai pakar masi berpendapat bahwa ini merupakan salah satu bandara paling berbahaya di dunia.

Yang membikin bandara ini berbahaya merupakan bahwa kedua ujung landasan pacu tersebut ditahan oleh tebing yang akhirnya langsung ke laut sementara satu sisinya ditutupi dengan bukit-bukit tinggi. Ini membikin kemungkinan pesawat terbang untuk overshoot landasan pacu saat mendarat alias lepas landas serta beres di laut alias di tebing.

4 Landasan Terbang Es

Lokasi: Pulau Ross, Antartika
Tahun beridir: –

Landasan terbang es merupakan salah satu dari tiga landasan mutlak yang dipakai untuk mengangkut barang ke para peneluti di antartika. Tak ada landasan pacu beraspal di sini. Semua pesawat wajib mendarat di sepanjang es serta salju. Pendaratan wajib diperbuat dengan ekstra hati-hati. Salah satu tantangan yang pilot wajib hadapi merupakan untuk mengarahkan pesawat ke tahap tanah supaya pesawat tak terjebak ke dalam salju. Oke, terdengar gila!

5. Bandara Internasional Princess Juliana

Lokasi: Saint Maarten, Karibia Timur
Tahun berdiri: 1942

Bandara Princess Juliana merupakan bandara tersibuk kedua di Karibia Timur. Bandara ini dinamai Juliana dari Belanda, seorang putrimahkota yang mendarat di sini tahun 1944. Bandara ini memiloiki landasan yang sangat pendek, kurang lebih 2.180 meter yang membikinnya sangat populer. Sebab pendeknya landasan ini, pesawat wajib mendekati pulau dengan terbang sangat rendah. Beberapa gambar jet yang terbang di atas 10-20 meter alias 30-60 kaki di atas pulau ini diperkirakan palsu tetatpi nyatanya asli.

6. Bandara Courchevel

Chourchevel merupakan nama daerah ski paling besar di Perancis. Daerah ini mempunyai bandara dengan landasan pacu yang sangat singkat jadi pilot wajib mendarat di suatu  strip pelambat serta lepas landas di strip penolak untuk memperoleh kecepatan yang cukup. Hanya pesawat pribadi alias charter serta helikopter diperbolehkan mendarat.

Kamu wajib menonton bandara in idalam adegan pembukaan film Tomorrow Never Dies.

7. Bandara Internasional Barra

Lokasi: Barra, Skotlandia
Tahun berdiri: 1975

Bandara Barra merupakan satu-satunya bandara di dunia dimana pesawat wajib mendarat di pantai. Bandara ini terletak di pantai di Pulau Barra, Skotlandia yang sangat luas. Bandara ini tersapu habis oleh gelombang sekali sehari.

8. Bandara Lukla

Lokasi: Nepal
Tahun berdiri: –

Bandara Lukla adalah bandara kecil di Kota Lukla di Nepal Timur. Bandara ini terletak pad aketinggial 2.900 meter serta lumayan terkenal sebab mempunyai gunung yang sangat besar di satu sisinya serta 1000 meter turunan di segi lainnya. Pada tahun 2008, nama bandara ini diubah demi menghormati Sir Edmund Hillary yang adalah orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest.