Jamur yang Dapat Menyala dalam Gelap

Jamur yang Dapat Menyala dalam Gelap

Orang yang tak tahu mungkin awalnya akan mengira ini semacam hantu. Jamur tertentu, yang pasti saja nasib di tempat-tempat yang lembab, bisa berpendar dalam kegelapan.

Berbagai tipe jamur yang tumbuh di hutan tropis Taman Wisata Nasional Lembah Ribeira, dekat Sao Pulo, Brazil memendarkan cahaya saat kurang lebihnya gelap. Jamur-jamur tersebut mempunyai performa bioluminescent sebab reaksi kimia di tubuhnya menghasilkan cahaya berwarna hijau.

Jamur-jamur yang ditemukan di Brazil itu tergolong dalam genus Mycena. Di seluruh dunia tersedia kurang lebih 500 tipe jamur yang masuk ke dalam genus ini, tapi hanya 33 persen yang mempunyai performa bioluminescent.


Ada lebih dari 10 tipe jamur bioluminescent yang baru ditemukan di Brazil sejak 2002, empat di antaranya adalah spesies yang belum diketahui sebelumnya. Temuan ini adalah hasil penelitian yang diperbuat Cassius Stevani, profesor kimia dari Universitas Sao Paulo, Dennis Desjardin, profesor ilmu jamur dari Universitas Negeri San Fransisco California, serta Marina Capelari dari Institut Botani Brazil.


“Penemuan ini sudah meningkatkan jumlah jamur berpendar, yang diketahui sejak 1970-an, menjadi 30 persen lebih tak sedikit,” ucap Stevani.