Serangga Raksaksa Dari Selandia Baru

Serangga Raksaksa Dari Selandia Baru

Siumang – sebuah jenis serangga di Selandia Baru memiliki ukuran yang berrbeda dari serangga biasanya, sangat besar yang ditengarai yaitu serangga terberat (2,5 ons) yang ada di muka bumi. Bukan cuma itu, serangga weta jantan mempunyai sepasang capit besar yang mengerikan yang digunakan buat bertengkar memperebutkan weta betina. Weta jantan bahkan dapat memiliki 8 pasangan weta betina!

meski terlihat mengerikan, seperti yang dikutip liputan6.com dari wired.com, hewan ini sebenarnya jinak. kemudian dijelaskan bahwa weta adalah binatang yang khas Selandia Baru dan ada kurang lebih 70 spesies dengan beraneka ukuran dan senjata. walau ada beberapa jenisnya , semua weta merupakan hasil dari evolusi langka di Selandia Baru, yang cukup terisolasi dalam jangka waktu yang lama sampai hasilnya manusia datang dan mengganggu keseimbangan alamiah di sana.

walau berkerabat dengan jangkrik, evolusi di Selandia Baru menghasilkan fauna yang tak mampu terbang dikarenakan, selama evolusi, tak ada mamalia pemangsa yang berkeliaran di permukaan tanah. ahli biologi Priscilla Wehi dari Landcare Research menyebut pentingnya hal tersebut dalam usaha evolusi weta. dikarenakan tak ada pemangsa di darat, weta menjalani evolusi yang menghilangkan kemampuannya untuk terbang dikarenakan kemampuan terbang sesungguhnya menyerap banyak energi.

manusia tiba di Selandia Baru ada pada abad ke 13 bersamaan dengan hadirnya tikus Pasifik. bangsa Eropa yang datang pada abad 19 bahkan menambah jumlah fauna mamalia lain yang berasal asal luar Selandia Baru, misalnya kucing, berang-berang, dan beraneka ragam jenis tikus lainnya. semuanya, langsung ataupun tidak langsung, sudah mengancam keberadaan weta.

Ada upaya untuk melestarikan weta di kawasan pelestarian di Pulau Utara, namun hal itu dikhawatirkan bakal mengurangi sumber genetika makhluk unik tersebut dan memperburuk keturunan weta di masa depan.